Profile

Join date: Oct 27, 2022

About

6 Bukti Unik Tembok Besar China, Pembangunannya Mengambil Beberapa ratus Ribu Nyawa



Tembok Besar China sebuah fenomena dunia. Ada di sejauh Shanhaiguan sisi timur sampai ke Lop Lake sisi barat, tembok raksasa ini disahkan sebagai situs peninggalan dunia UNESCO semenjak 1987.


Mempunyai tembok super kuat dan jalanan yang sangat panjang, bangunan ini memerlukan waktu konstruksi sampai beberapa ribu tahun lama waktunya. Saat ini Wisata Candi yang monumental ini mengisap banyak pelancong dari penjuru dunia setiap tahun.


Berikut bukti-bukti unik berkenaan Tembok Besar China


1. Kapan Dibuat

Tembok Besar China dibuat oleh Kaisar Qin Shi Huangdi sepanjang Dinasti Qin sekitaran tahun 221 Saat sebelum Masehi. Tembok ini dibuat sebagai barikade dari striker seperti beberapa suku nomaden Hsiung Nu yang dari China Utara. Dinding dibuat warga yang tinggal disekelilingnya, bersama beberapa tahanan dan tentara.


Sepanjang tahun, tembok ini sudah diubah dengan tambahan dibikin pada 200 tahun selanjutnya, contoh meriam dan menara. Bahkan juga, Kaisar Wudi dari Dinasti Han memberi kontributor pada pembangunan project raksasa ini, meliputi Dunhuang sampai ke Yanze dan dikenali sebagai Lop Nur.


2. Tembok Paling panjang di Dunia

Panjang Tembok Besar China capai 3.170,7 mil atau 21.196,18 km. Ini ialah tembok paling panjang di dunia yang dibuat beratus-ratus tahun lama waktunya.


3. Dibuat dengan 'Semen' Beras Ketan

Dapat bertahan sampai sekian tahun lama waktunya, apa Tembok Besar China direkatkan dengan semen super? Rupanya, beras ketan dipakai sebagai alternatif mortar, penyatu batu bata pada dinding.


Mortas beras ketan sendiri dipandang baik menjadikan satu batu bata itu hingga jadi benar-benar kuat. Masalahnya gulma tidak bisa tumbuh antara antara batu bata dinding tembok.


Tetapi, di awal pembangunannya, tembok dibuat dengan beberapa bahan yang gampang diketemukan seperti batu-batuan gunung dan kayu. Pemakaian batu bata ialah perubahan setelah itu. Batu bata diangkut dengan hewan.


4. Pernah Akan Diganti Jadi Lajur Tol

Pemerintahan China sempat pikirkan mengenai peluang tembok ini jadi jalan raya. Masalahnya China waktu itu memerlukan tol untuk mengusung makanan ke wilayah pedalaman yang mengalmai kemiskinan. Tetapi gagasan itu tidak terlaksana.


5. Proses Pembangunan Telan Beberapa ratus Korban Jiwa

Project istimewa Sejarah Candi Bahal mengikutsertakan banyak karyawan yang terbagi dalam tentara sampai petani. Tidak cuma hanya itu, terpidana dan sandera perang ditempatkan kerja secara paksakan.


Sadisnya, ada anggota badan sandera yang diikat dengan rantai supaya mereka tidak kabur. Beritanya, dari pembangunan Tembok Besar China ini cukup banyak korban berguguran.


Bahkan juga jumlah diprediksi dapat capai 400 ribu orang yang luruh.


6. Kelihatan dari Angkasa, Betul atau Tidak?

Karena sangat istimewa dan dipandang seperti warisan yang hebat, sempat tersebar isu jika Tembok Besar China bisa telrihat di luar angkasa. Tetapi isu ini bisa dibuktikan tidak betul ada.


Di tahun 2003 lalu, astronot asal China namanya Yang Liwei gagal mendapati tembok itu antara panorama cantik yang lain yang kelihatan di luar angkasa.

Katrina Bennett

More actions