Profile

Join date: Nov 7, 2022

About

10 Tujuan Ekowisata Terbaik di Indonesia yang Harus Kamu Datangi


Bila Sahabat kami ingin liburan sesudah wabah usai, ada banyak tujuan rekreasi yang siap memberi pengalaman berlibur yang mengagumkan untukmu. Tetapi, karena sangat jumlahnya, kadang membuat kita ketidaktahuan. Nach, bagaimana jika Sahabat kami coba ekowisata? Ekowisata sebagai wujud rekreasi yang bertanggungjawab pada kelestarian alam, memberikan faedah secara ekonomi, dan menjaga kesatuan budaya warga di tempat.


Dengan demikian, selainnya dapat bergembira, Sahabat kami bisa juga turut melestarikan alam, sekalian menolong ekonomi warga lokal. Berlibur yang paling berguna, kan? Yok, baca beragam opsi tujuan ekowisata di Indonesia yang dapat kamu Sahabat kami menjadikan rekomendasi berikut!


1. Tangkahan, Sumatera Utara

Berikut teritori pelestarian alam yang kerap dikatakan sebagai surga terselinap di Sumatera Utara. Tujuan ini termasuk kurang terkenal di Indonesia, tetapi untuk pelancong asing, ekowisata Tangkahan benar-benar terkenal, lho. Selainnya gajah liar, Tangkahan tawarkan panorama rimba yang alami, angin segar, dan sungai sama air yang paling jernih. Beragam kegiatan dimulai dari trackking, river tubing, kemping, sampai memandikan gajah dapat dicoba di tujuan ini.


2. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan tengah

Taman Nasional Tanjung Puting keseluruhannya mempunyai luas sekitaran 415 hektar atau hampir serupa luasnya dengan Pulau Bali. Di taman nasional ini ada banyak type ekosistem, dimulai dari rimba hujan tropis, daratan rendah, rimba tanah kering, rimba rawa air tawar, rimba bakau, rimba pantai, dan rimba sekunder. Sangat bagus untuk ditelusuri, Seperti di Wisata Alam Jogja.


Selainnya menyaksikan rimba, Sahabat kami dapat berjumpa dengan beragam jenis satwa sangat jarang yang diproteksi, misalkan saja lutung merah, kucing rimba, bekantan, beruang, kancil, dan lebih dari 200 tipe burung yang menempati taman nasional ini. Tidak ketinggal, sebagai pusat pemulihan orang utan, Sahabat kami dapat menyaksikan lebih dekat lebih dari 30.000 orang utan di komunitas aslinya.

3. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Sahabat kami dapat rasakan berlibur yang paling terkesan dengan mengeksploitasi Taman Nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini sebetulnya terdiri dari 3 pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Selainnya jadi komunitas untuk komodo, Taman Nasional Komodo jadi rumah untuk beberapa ratus spesies hewan darat lain, lho.

Sebutlah saja salah satunya ialah ular, kadal, tikus Rinca, kuda, kerbau, babi rimba, kelelawar buah, rusa Timor, dan lebih dari 40 spesies burung. Nach, daya magnet Taman Nasional Komodo tidak cuma di darat, panorama bawah lautnya tidak kalah mengagumkan lho, Sahabat kami! Ada beberapa terumbu karang elok dan sekitaran 1000 spesies ikan yang dapat kamu dapatkan di sini.

4. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Tujuan ekowisata belum habis, lho. Masih tetap ada Taman Nasional Way Kambas di Lampung yang telah menanti untuk Sahabat kami datangi. Di sini, Sahabat kami akan saksikan secara langsung beberapa hewan yang kehadirannya nyaris musnah sekalian yang diproteksi, salah satunya ialah harimau sumatera dan badak sumatera. Janganlah lupa , saat bertandang ke Taman Nasional Way Kambas, Sahabat kami wajib buat coba pertunjukan hebat, yaitu melihat atraksi gajah.


5. Raja Ampat, Papua Barat

Tidak perlu berlibur jauh sampai ke luar negeri, karena ada beberapa tujuan yang yang mempesona. Surga itu disebutkan dengan Raja Ampat. Keelokan yang prima berbentuk laut sama air yang biru, panorama bawah air yang paling cantik, dan lanscape bukit-bukit yang melawan, semua dapat Sahabat kami tonton langsung di sini. Sahabat kami dapat duduk rileks sekalian memandang keelokan alam yang disuguhi atau dapat menyelam untuk menyaksikan bermacam biota laut yang tidak dapat diketemukan di lain tempat.


6. Kawah Ijen, Jawa Timur

Tujuan ekowisata yang lain yang harus berada di bucket daftar Sahabat kami ialah Kawah Ijen, Banyuwangi. Di sini, Sahabat kami akan melihat langsung sebuah peristiwa sangat jarang yang disebutkan api biru. Peristiwa api biru atau yang kerap disebutkan blue fire ini sebagai peristiwa sangat jarang yang cuma ada dua di dunia, yakni di Indonesia dan Islandia. Api biru itu terbentuk dari gas sulfur yang terbakar saat terkena udara di luar. Peristiwa api biru makin mengagumkan dengan semburat merah-jingga panorama matahari keluar.


Untuk capai kawah dan melihat peristiwa blue fire, Sahabat kami harus siap lakukan pendakian Gunung Ijen dengan lajur yang cukup melawan. Sepanjang pendakian, Sahabat kami akan kerap berpapasan dengan warga di tempat yang bekerja sebagai pengumpul belerang. Nach, agar tidak begitu meletihkan, Sahabat kami dapat berkunjung di Dusun Tamansari yang terletak 17 km atau sekitaran 30 menit dari kawah. Di tempat ini ada banyak homestay yang diatur masyarakat melalui Badan Usaha Punya Dusun (BUMDes) menjadi tempat beristirahat Sahabat kami.


Selainnya homestay, Dusun Tamansari tawarkan jejeran rekreasi pembelajaran, salah satunya peternakan sapi perah, kebun kopi, peternakan lebah madu, dan ada banyak kembali! Tidak boleh ketinggal untuk berkunjung daya magnet khusus Dusun Tamansari yakni Sendang Seruni, sebuah kolam air yang mengambil sumber dari mata air pegunungan. Banyak, kan? Maka dari itu, jika Sahabat kami punyai peluang ke Kawah Ijen, tidak boleh terlewat untuk berkunjung Dusun Tamansari, ya!


7. Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

Bila liburan kesini, Sahabat kami akan memperoleh paket komplet. Sahabat kami dapat menyaksikan pantai, gunung, danau, sungai, serta sumber air panas. Taman nasional ini sebagai rumah untuk flora dan fauna sangat jarang, diantaranya kucing rimba, siamang, harimau sumatera, badak sumatera, kambing rimba, dan ada banyak kembali!


Aktivitas khusus yang terbanyak dilaksanakan pelancong di taman nasional ini ialah menaklukan Gunung Leuser dengan mendaki. Pendakian gunung ini umumnya akan memerlukan waktu sekitaran 10-14 hari perjalanan. Nach, jika kamu ingin mendaki, janganlah lupa untuk menyiapkan beragam perlengkapan pendakian yang dibutuhkan, ya!


8. Pulau Nusa Penida, Bali

Sahabat kami akan disongsong oleh jejeran bukit-bukit yang dikitari oleh lautan saat datang di Nusa Penida. Pulau kecil ini mempunyai daya magnet yang hebat berbentuk pantai pasir putih yang eksotik seperti pada Pantai Atuh Nusa Penida, dan panorama yang mengagumkan di atas tebing pada bagian selatan Pulau Nusa Penida yang menghadap ke Samudra Hindia. Beberapa tujuan terpopuler yang umum didatangi untuk melihat panorama Samudra Hindia ialah Banah Cliff, Bukit Pantai Kelingking Nusa Penida, dan Saren Cliff.

Tidak stop di sana, Pulau Nusa Penida tawarkan daya tarik bawah laut yang spesial. Dengan dikitari lautan terlepas, membuat pulau ini jadi ‘rumah' untuk beberapa pencinta diving atau snorkeling karena pemandangan surgawi bawah lautnya. Lokasi scuba diving dan snorkeling salah satunya ialah Malibu Poin, Penida Bay, Toyapakeh, Manta Poin, Batu Meling, Batu Abah, dan Batu Lumbung.

9. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Serunya berlibur belumlah usai. Masih tetap ada surga yang lain yang pantas buat kamu eksploitasi, yaitu Taman Nasional Bunaken. Ada banyak terumbu karang yang cantik dan beberapa puluh tipe ikan menempati taman nasional yang berada di Sulawesi Utara ini, Seperti di Pantai Gunung Kidul. Tidaklah aneh, banyak pelancong yang menyebutkan Taman Nasional Bunaken sebagai salah satunya taman laut terindah di dunia. Bila Sahabat kami benar-benar sukai menyelam, Taman Nasional Bunaken harus sekali kamu kunjungi, walau cuma sekali sepanjang umur.


10. Dusun Rekreasi Tembi, Wilayah Spesial Yogyakarta

Sahabat kami berasa jemu dengan situasi kota dan ingin rasakan situasi perdesaan? Datangi saja ke Dusun Rekreasi Tembi. Di sini, Sahabat kami bisa mengisap angin segar, nikmati panorama hijau tempat sawah, dan rasakan langsung kearifan budaya lokal. Makin hebat karena kamu dapat berkeliling-keliling dusun dengan memakai andong, becak, kereta mini, atau sepeda onthel. Untuk Sahabat kami yang ingin menambahkan pengalaman berkebun, ada paket rekreasi khusus, lho!


Satu kembali, Dusun Rekreasi Tembi punyai Museum Rumah Budaya Tembi sebagai daya magnet yang lain. Di museum ini, Sahabat kami dapat mendapati beragam benda pusaka Jawa seperti keris, gamelan, dan ada banyak kembali! Tersebut beberapa referensi tujuan ekowisata yang dapat Sahabat masukan ke gagasan berlibur kelak sesudah wabah usai. Janganlah lupa selalu untuk menjaga kesehatan ya Sahabat kami, dengan masih tetap ikuti prosedur kesehatan yang disarankan oleh pemerintahan, salah satunya dengan menggunakan masker, rajin membersihkan tangan, dan aplikasikan jarak aman ke mana saja kamu pergi.

MaverickDelwyn

More actions